Kamis, 19 April 2018

Alat- alat Musik( Resonansi)

Alat- alat Musik( Resonansi)

https://youtu.be/TQspCIdIUzE
Semua benda memiliki frekuensi getaran alami. Benda yang tidak digetarkan dapat mulai bergetar dan diperkuat oleh benda lain yang digetarkan pada frekuensi sama, Peristiwa ini disebut resonansi. Jadi, resonansi adalah peristiwa ikut bergetamya suatu benda bila benda lain yang digetarkan.Resonansi terjadi bila frekuensi benda yang bergetar sama dengan frekuensi alami dari benda yang ikuf bergetar. Peristiwa resonansi dapat terjadi frekuensi benda sama dengan frekuensi sumber getar maka resonansi dapat terjadi. Ruang udara yang tingginya seperempat panjang gelombang sumber getar dapat menyebabkan terjadinya resonansi. Selaput tipis juga diketahui sangat mudah beresonansi.
Kentongan

Bagian tengah kentongan dilubangi untuk tempat udara. Jika kentongan dipukul maka udara dalam kentongan ikut bergetar. Dengan demikian bunyi kentongan menjadi lebih kuat.

Gitar atau biola

Kotak gitar atau biola dibuat berlubang agar kotak berisi udara. Bila senar dipetik maka udara dalam kotak ikut bergetar. Resonansi udara ini memperkuat bunyi yang dihasilkan oleh senar.

Harmonika

Di dalam harmonika terdapat ruang yang berisi udara. Jika harmonika ditiup maka udara yang berada dalam ruang ikut bergetar. Dengan demikian bunyi menjadi lebih kuat.

Bedug

Di dalam wadah antara kedua kulit terdapat udara. Bila kulit dipukul maka udara dalam wadah ikut bergetar. Bunyi bedug makin kuat. Makin besar wadah bedug, makin kuat pula bunyinya
http://www.zakapedia.com/2013/04/contoh-alat-akibat-resonansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar