Minggu, 28 Januari 2018

PEMANFAATAN GAS DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Contoh Pemanfaatan Gas  dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Tekanan Udara

Dalam kehidupan sehari-hari, tekanan udara dapat dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan, di antaranya sebagai berikut.

1) Penggunaan alat penyedot minuman.

Alat ini bekerja karena tekanan udara dalam mulut lebih rendah dibanding tekanan udara luar yang menekan minuman, akibatnya minuman dapat naik ke mulut.

2) Pembuatan lubang pada kaleng susu kental dibuat lebih dari satu.

Hal ini bertujuan agar saat mengeluarkan susu kental dari kaleng, udara luar akan ikut mendesak susu kental sehingga susu mudah dikeluarkan.
Manfaat Tekanan Udara Dalam Kehidupan Sehari Hari

3) Pengisap udara dari karet.

Pengisap udara dari karet umumnya digunakan untuk menggantungkan sikat gigi, sabun, pakaian, dan boneka.

4) Kompresor.

Kompresor dapat digunakan untuk memompa ban karena tekanan udara dalam kompresor lebih besar daripada tekanan udara dalam ban.

www.guruipa.com 

5) Angin merupakan udara yang bergerak dari suatu tempat yang bertekanan dari tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah.
perahu layar
Angin bisa juga dimanfaatkan oleh para nelayan yang mau melaut. Mereka dapat memanfaatkan angin darat dan angin laut.

http://bangkusekolah.com/2016/03/28/memahami-penerapan-konsep-tekanan-dalam-tekanan-udara-dalam-kehidupan-sehari-hari/

6) Tembak mainan
 Di dalam tembak mainan ada namanya klep dan tabung klepnya. Klep ini seperti halnya piston. Ketika tembak mainan di tarik kebelakang untuk menambahkan peluru, otomatis klep ini akan ikut kebelakang. Namun klep akan berhenti karena ada kunci yang menahan. Nah ketika tombol pada tembak ini ditekan, maka membuka kunci klep tadi dan klep secara cepat kembali ke posisi semula. Kedika klep bergerak cepat tersebut menyebabkan perubahan volume pada tabung klep tersebut. Volume menjadi kecil tentu saja tekanan menjadi besar di dalam tabung kelp. Tekanan ini mendesak peluru sehingga peluru mejadi terbang keluar akibat dari  tekanan udara yang di timbulkan dari klep tsb.
Contoh penerapan Gas Ideal dalam kehidupan sehari-hari
Contoh penerapan Gas Ideal dalam kehidupan sehari-hari

7) Ban motor menjadi kempes jika lama tidak digunakan
Ketika anda sering menggunakan motor, motor akan mejadi panas. Bukan hanya pada mesin saja yang panas, namun juga terjadi pada body dan juga pada ban. ban motor malah sering bersentuhan dengan aspal yang tentunya panas sekali. Nah pada saat ban ini panas berarti suhu pada ban ini meningkat bukan? Ketika suhu meningkat otomatis tekanan di dalam ban juga ikut meningkat juga. Sesuai dengan formula gas ideal di atas.

Ketika motor lama tidak anda gunakan menyebabkan suhu pada motor menjadi dingin, begitu juga dengan ban. bila anda menyimpan motor anda di rumah di lantai batu maka ban akan lebih dingin lagi. Hal ini menyebabkan suhu pada ban menurun. Ketika suhu ban ini turun otomatis tekanan di dalam ban berkurang. Hal inilah yang menyebabkan ban motor anda kempes setelah lama tidak di gunakan.
http://tanyagooogle.blogspot.co.id/2015/10/contoh-penerapan-gas-ideal-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar