Senin, 24 Juli 2017

gerak nasti

gerak  nasti


Gerak pada tumbuhan

https://youtu.be/pmx0i-PN_4U
 NASTI
         Nasti adalah gerak bagian tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi arah datangnya rangsangan. Gerak nasti disebabkan oleh perubahan turgor pada jaringan di tulang daun. Berdasarkan jenis rangsangannya, nasti dibagi menjadi tigmonasti (sentuhan), fotonasti (cahaya), niktinasti (pengaruh gelap), termonasti (suhu), dan nasti kompleks.

1. Tigmonasti (Seismonasti). Seismonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat adanya rangsangan sentuhan. Gerak seismonasti misalnya terjadi pada tanaman putri malu (Mimosa pudica). Jika daunnya disentuh, rangsangan akan merambat ke dasar daun, dan kemudian daun akan menutup.

Macam-Macam Gerak Tumbuhan dan Penjelasannya (Tropisme,Nasti,Taksis) 
2. Niktinasti. Niktinasti merupakan gerak nasti karena pengaruh gelap. Misalnya merunduknya daun-daun anggota famili Leguminoceae di sore hari. Gerak niktinasti, gerak tidurnya disebabkan karna  adanya perubahan tekanan turgor pada sel-sel penggerak tumbuhan tersebut.
3. Fotonasti. Fotonasti merupakan gerak nasti yang terjadi akibat adanya pengaruh rangsangan cahaya. Contoh fotonasti adalah gerak mekarnya bunga pukul empat (bunga asar) dan bunga pukul sembilan.  
4. Termonasti. Termonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Misalnya mekarnya bunga tulip ketika musim semi.
Macam-Macam Gerak Tumbuhan dan Penjelasannya (Tropisme,Nasti,Taksis)
5. Nasti Kompleks
Contoh gerak nasti kompleks adalah membuka dan menutupnya stomata. Mekanisme gerak stomata ini dipengaruhi oleh cahaya, kimia, suhu, dan air. Dengan kata lain, nasti kompleks adalah gabungan  dan fotonasti, kemonasti, dan hidronasti.
(Sumber : Ipa Terpadu, Hal : 71- 74, Penerbit : Erlangga, Penulis : Tim Abdi Guru : Eka Purjiyanta S.Pd.2006.Jakarta. Percetakan : PT Gelora Aksara Pratama) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar